Mempertajam Ingatan "Istana Pikiran" ala Sherlock Holmes

Otak manusia sangatlah hebat adanya, namun manusia sendiri belum mau untuk mengembangkan otaknya. Manusia lebih mengandalkan benda-benda ciptaanya sendiri untuk reminder, seperti notepad, gadget, ataupun PC. Padahal memori otak kita ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan memori ciptaan kita sendiri.
Banyak orang yang tak bisa mengingat suatu dengan baik, pada akhirnya mereka sering direpotkan dengan hal-hal seperti lupa pada saat mengerjakan soal, lupa alamat rumah teman, lupa sebuah kata, lupa kunci, dan lain sebagainya.
Mempertajam Ingatan
Di luar sana sudah banyak tehnik-tehnik untuk menghafal dan mengingat sebuah hal. Dari sekian banyak teknik yang ada, menurut saya yang mudah itu teknik Istana Pikiran, atau biasa disebut dengan The Methode of Loci.

Apakah The Methode Of Loci? bagaimana Mempertajam Ingatan "Istana Pikiran" ala Sherlock Holmes

Teknik ini telah banyak diadopsi oleh tokoh-tokoh besar baik fiksi seperti, Sherlock Holmes, Patrick Jane ‘The mentalist’, Dr. Spencer ‘CBS Criminal Mind’ adalah beberapa tokoh fiksi yang menggunakan teknik ini untuk mengingat.
Lalu apakah teknik bisa kita gunakan untuk kegiatan sehari hari, seperti mengafal pelajaran sekolah? Tentu. Teknik ini bukan hanya terjadi dalam cerita fiksi saja, namun dalam kenyataanya pun ada. Kamu tahu Bryan, ya orang yang mempunyai ingatan yang sangat hebat ini menggunakan teknik loci dalam mengingat. Hebat bukan?
" You build a memory palace … It’s perfect for recalling a large body of information. All you need is a physical location that you know well. And you break it down in your mind into smaller pieces and link each one to a package of the information … When you want to remember the details, you close your eyes and, in your mind, you walk around your very own memory palace."
"Kamu bangun sebuah istana pikiran untuk menyimpan berbagai informasi, yang Kamu butuhkan adalah sebuah lokasi nyata yang sudah Kamu hapal betul lokasi tersebut. Kemudian dari lokasi-lokasi tersebut Kamu pecah menjadi bagian yang kecil-kecil dan Kamu asosiasikan (hubungkan) bagian-bagian tersebut ke paket informasi yang akan Kamu simpan. Nah, ketika Kamu ingin mengingatnya kembali, tutup mata Kamu dan, di dalam pikiran anda, berjalanlah menuju tempat Kamu menyimpan informasi tersebut."
Sepertinya inti dalam Istana Pikiran itu begitu mudah ya, sangat simpel sekali. hehe, tapi saya akan jelaskan lagi secara mendetail tentang menggunakan teknik ini.

Bangun Istana Anda Sendiri

Istana merupakan tempat yang sangat besar dan luas, lalu bagaimana kita membangun istana kita sendiri?, pada dasarnya kita manusia mengapal tempat tempat yang sering kita kunjungi dan rute-rute yang sering kita lewati. Jadi untuk membangun sebuah memory palace atau sebuah istana pikiran anda harus membayangkan tempat yang anda hapal secara rinci , seperti rumah, sekolah, tempat kerja, mall, dll. Jadi syarat pertama adalah anda harus memilih Istana Pikiran anda sendiri. Pilih salah satu dan kemudian petakan setiap detailnya dalam pikiran anda. Visualisasikan dengan sangat jelas, kelilingi tempat tersebut dipikiran anda. Selamat!, anda berhasil membangun sebuah Istana Pikiran anda sendiri.

Mulailah Mengelilingi Rute Istana Pikiran

Setiap tempat pasti memiliki ruangan ruangan dan rute-rutenya sendiri, pastikan anda telah hapal secara detil letak-letak rutenya. Oke, contoh istana pikiran yang anda pilih adalah sekolah, pada saat pertama kali kita melihat sekolah adalah gerbang sekolah lalu masuk kedalam ada pekarangan bunga, halaman yang luas, macam-macam ruangan dan sebagainya. Dalam ruangan tersebut terdapat macam-macam benda, seperti meja kursi papan tulis dll. Setiap benda yang anda tahu atau anda perhatikan bisa menjadi tempat sebagai memori peg, atau penanda halaman. Contohnya adalah pekarangan bunga yang telah anda lihat tadi, maka disitulah anda meletakan sebuah informasi. Untuk langkah awal dan sebagai sarana latihan, cobalah menempatkan sebuah informasi pada satu objek. Jika sudah terbiasa nanti, anda bisa menempatkan beberapa informasi sekaligus pada satu objek.

Menggunakan Peg Memori atau Penanda Anda

Pada tahap ini Anda sudah bisa untuk menempatkan informasi pada sebuah penanda atau objek, diatas kita sudah menyinggung pekarangn bunga dan kursi. Lalu bagaimana cara menempatkan informasinya...??
Minggu depan anda disuruh belanja, dan anda diberikan catatan untuk belanja tersebut, terdapat 5 item dalam catatan belanja yang harus dibeli. Maka anda harus memiliki 5 objek yang nantinya akan kita tempatkan informasi ini. Dan ingat dalam menggabungkan dua objek ( Peg dan Informasi) tersebut, anda harus membuatnya seaneh mungkin dan bergerak. Mari kita terapkan dua hal saja sebagai contoh.
Contoh barang yang akan anda beli adalah roti dan susu.Bayangkan anda masuk ke lingkungan sekolah dan Anda akan melihat pekarangan bunga yang sedang disiram dengan susu putih. Kemudian anda masuk ke kelas, dan anda merasa nyaman duduk dikursi tersebut, karena kursi tersebut sangat empuk dan terbuat dari roti. Dan seterusnya... INgat hal yang seaneh mungkin dan harus bergerak dalam bayangan kita. Dan tanamkan dalam pikran anda animasi tadi yang sudah anda perankan. Tentu saja anda dapat menyesuaikan diri dengan Istana Pikiran anda sendiri.
Hari belanja sudah tiba, bagaimana anda mengingat belanjaan anda? Anda tidak usah khawatir ketika anda sudah berada di depan toko, karena daftar belanja anda sudah tertanam di Istana Pikiran Anda. aAnda hanya harus mengulangi perjalanan mental anda. Dan rasakan betapa mudahnya mengingat beberapa hal tanpa Anda bersusah payah untuk mengingatnya.
Ini hanya tingkat dasarnya saja. Anda dapat mengembangakan sendiri Istana Pikiran Anda, ada berbagai teknik pula dalam mengembangkannya, tergantung bagaimana anda mampu mengelola Istana Anda.
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar