Mengenal Rene Descartes Sang Penemu Filsafat Modern

Pemikiran manusia dari abad ke abad terus berkembang hingga saat ini, banyak penemuan penemuan yang hebat dihasilkan oleh para peimikir yang dulunya tidak punya apa-apa dan dia berfikir untuk menciptakan suatu hal. Salah satunya adalah tokoh-tokoh Filsafat, meraka juga berperan penting dalam perkembaangan dunia ini, mereka memunculkan teori teori tentang banyak hal, hampir semua hal tertuang dalam filsafat.
Tokoh yang terkenal misalnya Segitiga Filsuf "Socrates, Plato, Aristoteles". Mereka pemikir hebat dijamannya masing-masing. Namun diera modern ini dikenal filsuf baru yang bernama Rene Descartes.
"Kebahagiaan khayalan sering kali lebih bernilai daripada kesedihan yang nyata."
Descartes lahir di La Haye Perancis pada 31 maret 1596 dan meninggal pada 11 februari 1650(umur 53 tahun) di stockholm, swedia. Descartes juga dikenal sebagai Renatus Cartesius dalam literatul bahsa latin, merupakan seorang filsuf dan matematikawan dan diapun juga sudah menghasilkan karya-karya hebatnya sebagai seorang filsuf ataupun matematikawan, dan salah satu karyanya yang terpenting ialah Discours de la methode dan Meditationes de prima Philosophia.

Mengenal Rene Descartes Sang Penemu Filsafat Modern


Mengenal Rene Descartes Sang Penemu Filsafat Modern

Cetigo Ergo Sum

Semuanya tidak ada yang pasti =, kecuali kenyataan bahwa soerang bisa berfikir. Ini juga membuktikan keterbatasan manusia dalam berfikir dan mengakui sesuatu yang diluar kemampuan pemikiran manusia. Karena itu, ia membedakan "fikiran" dan "fisik". Pada akhirnya kita mengetahui keadaan kita karena adanya alam fikir.

Descartes sering dipanggil dan disebut sebagai bapak filsafat modern. ia bersekolah di Universitas jesuit di La Fleche dari tahun 1604-1612. dan hebatnya walupun dia mengambil jurusan hukum dia malah memaparkan dasar-dasar matematika modern. pada tahun 1612 dia pergi ke Prancis, namun karena menurutnya kehidupan sosial di Perancis yang membosankan, dia pergi untuk mengasingkan diri di daerah terpencil di Perancis yang bernama Faubourg untuk menekuni Geometri, dan walaupun pada akhirnya teman-temanya menemukan tempat ia mengasingkan diri, dan karena itu Descartes memutuskan untuk menyamar dan ia pun memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi tentara Belanda(1617).

Baca Juga:

Ketika Belanda dalam keadaan damai Descartes pun menikmati masa meditasinya selama dua tahun tanpa ganggauan. tetapi, akibat pecahnya perang Tiga Puluh Tahun mendorong Descartes untuk beralih menjadi tentaran Bavaria(1619). Di Bavaria inilah selama musim dingin 1619-1620 dia mendapat banyak pengalaman yang dituangkan kedalam buku yang berjudul "Discours de la methode" (Russel, 2007:733).
Descartes, kadang dipanggil "Bapak matematika modern" dan "Penemu filsafat modern", adalah salah satu pemikir paling penting dan berpengaruh dalam sejarah barat modern. Dia menginspirasi generasi filsuf setelahnya, dan mengantarkan mereka untuk memebentuk sebuah kata yang kita kenal sekarang rasionalisme.

Berikut merupakan kutipan dari Rene Descartes

"Kebahagiaan khayalan sering kali lebih bernilai daripada kesedihan yang nyata."
-Rene Descartes

"Seorang optimis melihat sebuah cahaya ketika kegelapan, tapi mengapa orang pesimis harus selalu menghilangkan cahaya itu?"
-Rene Descartes

"Persepsi pertama yaitu jangan pernah menerima sesuatu sebagai kebenaran sampai aku mengatahuinya tanpa keraguan satupun"
-Rene Descartes

"Selain pemikiran kita sendiri, tidak ada hal apapun yang benar-benar di dalam genggamaan kita."
-Rene Descartes

"Beginilah setiap kesulitan ke dalam banyak bagian yang sesuai untuk menyelesaikannya."
-Rene Descartes

"Membaca semua buku yang bagus layaknya sebuah percakapan dengan pemikiran terbaik di abad-abad sebelumnya"
-Rene Descartes

Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar