Perjalanan TIMNAS Indonesia AFF 16 Serupa Dengan Kisah Captain Tsubasa

Indonesia meraih kemenangan dengan susah payah.

Perjalanan TIMNAS Indonesia yang berkiprah di Piala AFF 2016

memang cukup mengejutkan dan sangat menarik untuk diulas. Banyak pihak yang telah membanding bandingkan perjalanan TIMNAS kita ini dengan TIMNAS Portugal pada gelaran Piala Eropa 2016. (Baca selengkapnya disini Kemiripan Perjalanan TIMNAS Indonesia dan Portugal) Spekulasi tersebut memang menarik, tapi ada yang lebih menarik lagi jika kita membandingkan TIMNAS kita dengan serial Captain Tsubasa, serial film kartun yang sempat populer di awal tahun 2000an.
Tim yang tidak diunggulkan dan tidak diduga-duga bisa saja mencapai sebuah kemenangan yang dramatis
Bola adalah teman, jadi kita tak perlu takut kepadanya
Ingat film anime Captain Tsubasa, film ini dulunya sanga digemari dikalangan anak-anak tahun 2000an. Kisah awal tim Tsubasa hampir serupa dengan TIMNAS kita dalam AFF kali ini.
Berikut Faktanya:
  • Tim yang tidak diunggulkan sebelumnya
  • Nankatsu merupakan tim yang tidak diunggulkan dalam ajang turnamen antar sekolah bertaraf nasional. Mereka dianggap sebelah mata oleh tim tim besar lain. Mereka tidak mempertimbangkan tim ini akan merepotkan tim-tim besar. Sama halnya dengan TIMNAS kita, pada gelaran AFF ini TIMNAS kita tidak diunggulkan oleh negara-negara tetangga alasannya karena Persepakbolaan Indonesia baru keluar dalam kisruh nasional, dengan keadaan Tim yang terbentuk secara kurang matang. Namun lagi lagi tim yang tidak diunggulkan ini mampu merepotkan tim-tim besar, hingga sampai di partai puncak lawan Thailand.
  • Punya Seorang Pemain Andalan
  • Layaknya dalam sebuah permainan kartu, pada sepakbola pun terdapat seorang yang menjadi kartu as tim. Nankatsu FC terdapat seorang pemain yang menjadi andalan selama gelaran piala nasional yaitu Tsubasa Ozora. Tsubasa kerap kali mencetak gol-gol krusial yang membawa kemenangan kepada timnya. Begitu pula Stefano Lilipaly, pemain yang satu ini memang akhir akhir ini menjadi kartu AS dari Alfred Riedl, dia mampu menciptakan gol-gol krusial yang membantunya mengantarkan Indonesia pada kemenangan yang penting.
  • Melawan tim yang sama di awal fase grup dan pada laga final
  • Seperti dalam film Captain Tsubasa, dalam ajang turnamen nasional, Nankatsu bertemu dengan tim kuat Meiwa. Meiwa FC sempat dibuat kerepotan oleh timnas Nankatsu, tapi akhirnya Meiwa mampu mencuri kemenangan dari Nankatsu FC. Nankatsu tim yang tak diduga ini berhasil menembus final dan berjumpa kembali dengan kesebelasan Meiwa FC. Sama halnya dengan Indonesia yang melawan Thailand di awal laga fase grup, Indonesia sangat merepotkan Thailand, tapi akhirnya Indonesia tunduk oleh Thailand. Kini Indonesia kembali menantang Thailand di laga final AFF 2016.
  • Berhasil Menjadi Juara
  • Setelah dikalahkan Meiwa dalam laga awal, rupanya itu menjadi motivasi bagi Nankatsu FC. Hingga akhirnya mereka mampu menantang kembali Meiwa di Final. Bahkan mampu mengalahkan mereka dan merebut gelar juara Turnamen Nasional. Sama halnya dengan Indonesia yang sempat dikalahkan oleh Thailand, meraka menjadikan kekalahan tersebut sebagai motivasinya, dan kembali menantang Thailand di Final AFF 16. Tapi PERBEDAANNYA adalah Partai Final belum terselenggara. Dan semoga saja di partai Final nanti nasib TIMNAS kita akan memenangkan Piala AFF 16.

Artikel Terkait:

Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar